7 Keterampilan Dasar Supaya Menjadi Enterpreneur Sukses

Melihat teman dan sahabat dekat yang mulai sukses jadi seorang enterpreneur memang kadang kala bikin galau. Ingin juga rasanya menjadi entrepreneur seperti mereka yang sukses dan mapan. Apalagi pekerjaan yang sekarang tak ada peningkatan sama sekali, bahkan merasa stagnan, hingga muncul rasa bosan.

Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru berpindah haluan. Terlebih jika Anda belum paham betul seluk beluk dalam berbisnis. Karena banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari mental hingga modal yang tidak sedikit.

Punya keinginan berbisnis itu boleh saja, tapi sebelum itu, Anda harus paham apa saja yang menjadi dasar-dasar dalam berbisnis. Untuk itu, simak dulu skill atau keterampilan mendasar apa yang wajib dimiliki calon entrepreneur.



1. Harus Bisa Mengatur Waktu


Ketika mau memulai sebuah bisnis, berarti Anda harus mempersiapkan banyak hal dengan lebih cermat dan detail. Jika Anda masih suka telat ke kantor, mengerjakan tugas selalu molor dari deadline, maka secara skill manajemen waktu, Anda belum siap menjadi seorang entrepreneur.

Sebab, entrepreneur merupakan orang yang bekerja secara mandiri tanpa ada patokan waktu yang jelas dan baku, karena setiap saat adalah waktu kerja. Oleh karena itu, penting memiliki kemampuan time management yang baik, agar pekerjaan terselesaikan dengan maksimal.

Buatlah jadwal secara detail, apa saja yang harus dikerjakan segera. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan, sebab waktu sangat berharga. Seorang entrepreneur yang sukses tak akan menghabiskan waktunya untuk sesuatu hal yang kurang penting. Jadi pandai-pandailah mengatur waktu dengan cermat.


2. Disiplin dalam Segala Hal


Atur waktu layaknya uang yang berharga sehingga lebih produktif dengan cara berikut

Keterampilan dasar yang tak kalah penting bila ingin menjadi entrepreneur sukses adalah kemampuan untuk berdisiplin. Sebab, dengan disiplin, maka pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan bisa selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan dan ditetapkan.

Nah, jika selama ini Anda masih suka bermalas-malasan, menunda-nunda pekerjaan, dan menyepelakan waktu, artinya Anda belum benar-benar siap mewujudkan impian untuk menjadi entrepreneur sukses. Sebab kedisiplinan adalah kunci keberhasilan. 


3. Punya Motivasi yang Kuat


Menjalankan bisnis yang baru tanpa adanya dorongan motivasi yang kuat tak akan mampu berjalan lama. Terlebih lagi, masa-masa awal merupakan masa terberat ketika membangun bisnis. Jika motivasi lemah, bisa-bisa bisnis tersebut hanya tinggal bayangan. Maka dari itu, penting memiliki motivasi yang kuat sebelum memulai sebuah bisnis.

Keduanya harus berjalan bersama. Jangan hanya karena ingin mengikuti tren masa kini, Anda menjerumuskan diri dan coba-coba berbisnis. Boleh-boleh saja Anda termotivasi oleh lingkungan sekitar, tapi menguatkan motivasi dalam diri itu lebih penting. Untuk membangun motivasi, coba baca buku kisah-kisah orang yang sukses dalam berbisnis guna meningkatkan motivasi dalam diri.


4. Fokuslah pada Tujuan Awal


Bila dalam bayangan Anda bahwa menjalankan bisnis itu mudah, maka berarti yang Anda lihat hanya sebagian kecilnya saja. Di balik itu, ada jalan terjal yang harus dilalui untuk mencapai kesuksesan, mulai dari rasa bosan ketika menjalankan bisnis sehingga muncul rasa putus asa dan ingin menyerah saja.

Jika Anda kalah ketika melalui tantangan tersebut, maka puncak kesuksesan berbisnis tak akan dapat Anda peroleh. Sebab itu, penting untuk tetap fokus disertai kegigihan dalam berusaha. Teruslah ingat apa tujuan utama Anda membangun bisnis, lalu kembali ke fokus utama dan jangan terjebak arus yang akan menghancurkan semangat dalam berbisnis. Tak ada proses yang dapat membohongi hasil, maka selalu fokus pada tujuan utama.


5. Asah Kemampuan Negosiasi


Menjalin kerja sama dengan partner baru sangat penting demi mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, Anda pun juga harus memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik. Untuk itu, ketahui lebih dulu latar belakang orang yang akan diajak bekerja sama. Ini penting agar terjalin komunikasi yang baik demi kemungkinan terjadinya kerja sama yang saling menguntungkan. 


6. Kembangkan Kemampuan Komunikasi


Ketika menjalankan bisnis, komunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk membantunya berkembang. Untuk itu penting agar Anda memiliki skill untuk menjalin komunkasi yang baik dengan siapa pun.


7. Terus Mempelajari Strategi Promosi


Bicara strategi promosi, ini tak lepas dari kemampuan komunikasi yang baik. Sebagai upaya untuk mempromosikan dan mengenalkan bisnis yang tengah Anda geluti. Jika Anda merasa tak cukup memiliki kemampuan tersebut, jangan berkecil hati, karena ada banyak sarana untuk mengembangkan kemampuan tersebut.

Anda bisa mengikuti workshop, pelatihan komunikasi yang berhubungan dengan marketing dan bisnis. Setelah itu, Anda pelajari dengan baik strategi promosi yang baik.


Kembangkan Kreativitas dan Inovasi, Jadilah Entrepreneur Sukses


Membangun bisnis dari awal bukan perkara yang gampang. Sebab ada banyak rintangan yang harus dihadapi. Untuk itu, perlu adanya motivasi yang besar ditambah dukungan kreativitas dan inovasi agar mendorong perkembangan bisnis ke arah yang lebih baik. Meski penuh tantangan, tetapi dengan tekad dan semangat yang kuat, siapapun akan mampu menjadi seorang entrepreneur sukses. (source:www.liputan6.com)